Sabtu, 02 Juni 2012

10 Tips Membeli Android Second


Pengin punya hp canggih kaya Android ? tapi punya uang terbatas ? ya satu satu nya cara membeli Android second / bekas. Nah kali ini ilmu-android akan ngasih tips apa yang harus diperhatikan ketika membeli Android second .

1. GARANSI 
Apakah masih ada garansinya?

2 CEK IMEI 
Pastikan nomor imei hp sama dengan nomor imei di kardus. Bisa dicek dengan *#06#


3 CEK KONDISI FISIK HP 
Pastikan hp Android second yang akan dibeli mulus tanpa banyak goresan. Lihat juga label dan stiker hologram di bagian belakang HP, untuk melihat apakah sudah pernah diservice apa belum? 

4 CEK KONDISI BATEREI 
Pastikan batereinya original dan menggembung atau tidak.

5 CEK PANGGILAN
Cobalah gunakan HP untuk panggilan keluar dan masuk, pastikan suara dapat terdengar dengan baik. Pastikan juga speaker bekerja optimal pada suara minimum ataupun maksimum.

6 HARGA PASAR
Harga pasar, inilah yang menjadi syarat utama membeli hp bekas untuk harga di setiap toko pasti berbeda-beda untuk patokan harga anda bisa lihat di iklan baris atau tabloid pulsa atau tabloid sms lalu samakan dengan harga di toko jika di toko terlalu mahal di banding harga di iklan baris langsung saja bilang "harga anda di atas pasaran" dari situ anda langsung memberi penawaran dengan harga terendah, untuk yang lain sebelum membeli anda bisa survei dari toko satu ke toko bandingkan perbedaannya sesuai tidak dengan harga pasar.

7 SIGNAL
Signal, merupakan nyawa dari sebuah handphone banyak kasus di hp nokia adalah tejadi no signal kerusakan sinyal untuk penggantian sparepart-nya saja sekitar 200ribu. Namun banyak diakali dengan diservis dengan cara mengangkat sinyal tersebut untuk sementara waktu lalu di jual. Untuk mengecek sinyal ada cara yang ampuh yaitu menggunakan kartu SIMPATI jika menggunakan simpati jika sinyal terlihat naik turun terlalu lama mungkin sinyal sudah bobrok. Karena Sinyal simpati sangat mudah ditangkap di banding kartu lain.

8 SURVEY
Pelajari panduan terkini. Panduan harga Handphone akan menghindarkan anda dari membayar Harga HP melebihi dari pasaran. Panduan harga dapat anda temukan di koran atau media yang banyak memuat panduan harga ponsel second seperti koran atau situs http://www.arenaponsel.com yang memuat secara lengkap Daftar Harga HP Second. Pelajari datanya dan sesuaikan dengan kemampuan kantong anda untuk membeli yang sesuai type cell phone yang anda inginkan.

9 CURIGA
Hati-hati apabila anda ditawarkan seseorang sebuah Ponsel Second apalagi apabila yang ditawarkan terasa murah sekali baik di counter maupun dijalan. Memelihara rasa curiga akan lebih baik daripada anda membeli barang hasil tindak kejahatan atau semacamnya.

10 LAKUKAN PENGETESAN SEDERHANA
Berikut kode-kode untuk melakukan pengetesan

*#*#0*#*#* LCD Test. Kode ini memiliki fungsi utama untuk memeriksa layar. Setelah menekan kode ini akan muncul beberapa tombol pilihan red, green, blue, receiver (white), vibration (black), dimming, megacam, sensor, touch, sleepmode, speaker, dan sub key.

*#2664# Kode ini juga untuk memeriksa layar. Setelah menekan kode layar akan berubah menjadi hitam, sentuh layar dan gerak-gerakkan, garis merah akan muncul. Apabila anda menarik garis dan ada yang putus, berarti ada masalah dengan layar ponsel.

*#2663# Touch screen version. Pada menu ini terdapat info touch screen firmwire version, dan pilihan untuk update secara online. JANGAN COBA-COBA KLIK UPDATE TOUCHSCREEN karena banyak user yang setelah mengklik update touchscreen tiba2 LAYAR SENTUH TIDAK BERFUNGSI

*#0673# Melody Test. Kode ini untuk memeriksa speaker. Setelah menekan kode ini akan muncul tombol pilihan Speaker_on, Receiver_on, Headset_on Left, Headset_on Right, Receiver_Headset_on Left, Receiver_Headset_on Right, OFF, dan EXIT.

*#0842# Device test. Kode ini untuk memeriksa kemampuan getaran ponsel. Pada menu ini akan ada beberapa tombol On, Off, Auto untuk mencoba mode getar ponsel.

*#*#4636#*#* Testing. Kode in berisi menu informasi ponsel, informasi baterai, menampilkan stastitik penggunaan ponsel dan aplikasi. Juga bisa diketahui informasi tentang WiFi.

*#232337# Bluetooth test. Setelah memasukkan kode ini akan tampil Bluetooth device address.

*#44336# Version. Menampilkan informasi versi firmwire ponsel, waktu pembuatan ponsel, dan changelist.


Artikel Terkait

72 komentar:

grace mengatakan...

berkat tips2 ini, akujadi membeli galaxy fit second, tp aku puass bangett....

admin ari mengatakan...

@grace
Selamat ya dah beli galaxy fit :D

grace mengatakan...

Ok,...

Anonim mengatakan...

kode di atas bisa nggak utk xperia mini pro?

admin ari mengatakan...

bisa kok

inspirations lukman mengatakan...

sipp

admin ari mengatakan...

pastinya

Filda mengatakan...

mas ketika di cek *#*#0*#*#* LCD Test.
Itu beresiko gk.....? Klo kita lkukan pengecekan tsb, itukan tersdia plihan hijau merah biru, trus lngkah slanjut'a apa....?

admin ari mengatakan...

ngga berisiko, plihan warna hijau merah biru cuma ngecek aja apakah warna tersebut benar dan tidak ada gangguan warna,
Langkah selanjutnya tidak ada

Anonim mengatakan...

bisa buat ngecek samsung galak tab gk

admin ari mengatakan...

Di coba aja

Anonim mengatakan...

trims wd tips na gan.... ane ksh cendoll gedhe.....

admin ari mengatakan...

Sama-sama , thnkz juga cendolnya :D

pegel mengatakan...

wah dh ana coba gan,, tu code h.x tuk hp samsung ya?... di SE dan HTC g fungsi.. :'(

admin ari mengatakan...

Ohh gitu ya

Anonim mengatakan...

Wah infonya benar2 bermanfaat makasih admin ^.^ jadi semakin suka pake android

admin ari mengatakan...

Sama-sama ^_^

Obat Keputihan mengatakan...

postingan ini sangat menarik serta enak dibaca tentang 10 tips membeli android second.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Anonim mengatakan...

mangstab,,,
gan kode *#0673# Melody Test, ada "speaker on" itu option atau apa? kalau itu option trus dipilih nanti ada suara yg dimainkan atau gimana?(saya mau beli Galaxy juga nih hehe :))
kode2 itu beresiko ga, takutnya baru cek2 eh salah2 hape orang jadi rusak lagi :D

admin ari mengatakan...

@ Obat Keputihan
terimakasih
@ Anonim
iya ada suara....
ngga berisiko

Diding Saepudin mengatakan...

Trims Bro... untuk kodenya,... GalMinqu dah lemot touch screennya jadi bisa update yang terbaru.

admin ari mengatakan...

sama-sama

Khusni Nadzif mengatakan...

thanks gan, mau beli W8 nih :)

admin ari mengatakan...

sama2

ricky sugiarto mengatakan...

gimana dgn galax s2?
soal n pas di tes satu persatu gak bisa kesalahan kode MMI tdk valid gimana mohon info n?

admin ari mengatakan...

waduh gak tahu gan..
seharusnya semua hp samsung bisa

ryan mengatakan...

bwt experia gmna gan bisa ngg'

admin ari mengatakan...

bisa tapi ada juga kode yg ga bisa

Anonim mengatakan...

thanks ya gan,,infonya membantu banget

Anonim mengatakan...

gmn cra ecek kodenya gn ?

Dedi Mulyana mengatakan...

gan menurut anda samsung galaxy mini2 kekurangannya dimana gan,,,ya untuk smartphone kelas kebawah lah,,,terus seperti proccesor yang ada didalamnya bagaimana,,apakah siap untuk menjalankan gmae" yang lumayan agak berat....

Anonim mengatakan...

gan kalau di cek semua kode-kode d atas beresiko gk,terus dari semua kodenya ada lahkah selanjutnya lagi gk

admin ari mengatakan...

@ Anonim
tekan tombol pemanggil
@ Dedi Mulyana
bagus sihh tapi sayang proc cuma 800 MHz gak kuat main game berat
@ Anonim
kode LCD test kalo muncul update, jangan diklik ya

suci ramadhani mengatakan...


*#*#4636#*#* Testing. Kode in berisi menu informasi ponsel, informasi baterai, menampilkan stastitik penggunaan ponsel dan aplikasi. Juga bisa diketahui informasi tentang WiFi)--> lalu untuk mengecheck kalau tablet tersebut bermasalah atau tidak gan?

admin ari mengatakan...

ya agan cek sendiri kan bisa...selama ketika menggunakannya tdk ada masalah ya normal2 aja

abdulloh umar mengatakan...

untuk lg bsa gak

yahyas ajah mengatakan...

bagus bgs

admin ari mengatakan...

@ abdulloh uma
bisa

agen xamthone jakarta utara mengatakan...

mantap tips nya, sangat bermanfaat bagi yang sedang mencari android seken.

obat herbal penyakit jantung koroner mengatakan...

untuk mengetahui android sudah di utak-atik softwarenya/ ROOT atau belum gimana bang admin ??

admin ari mengatakan...

pakai aplikasi Root Checker

Wahyu Prihantara mengatakan...

gan mau nanya nih..wkt baca2 koment artikel lain,, katanya symbian bisa di multiboot android yaa,,
klo bisa symbian versi berapa dan bisa di multiboot android versi berapa, tapi yang minim resiko dan kekurangn,..
kasih tutorialnya juga donk gan..kirim ke email nya,.
email : wpchevas_regal@yahoo.co.id

maksih sblmnya gan,..aku sering2n mampir di blog ini,,hhe

Wisnu Febrian mengatakan...

thx ya.. baru rencana pengen punya android.. sapa tau dapet second yang masih oke..
sukses!!

admin ari mengatakan...

@ Wahyu
kurang tahu gan..kalo pasang android di symbian...coba googling deh
@ Wisnu
ok

jasa adsense 50rb saja mengatakan...

Saya mau beli samsung galaxy ace 2 ato s3 mini!
Harganya memang jauh berbeda, gmn menurut agan?
Terima kasih

Anonim mengatakan...

punya ane pocket di update firmware touch yg *#2663#
malah mati touch gak berfungsi sama sekali,
kira-kira apanya yah??

Jasa AdSense Cepat dan Murah mengatakan...

wah ane juga, jadi beli bb onyx
makasih gan
jangan lupa mampir gan

Anonim mengatakan...

makasih tipsnya! :)

The Chosen One mengatakan...

kok di galyoung ada beberpa yg gak bisa yah?? terus di kode *#2664# pitanya warnanya biru.. tapi gak ada yang putus :v

admin ari mengatakan...

iya memang ada beberapa yg ga bisa

oh ya sekedar info jangan klik update firmware touch karena bisa mengakibatkan touchscreen mati jadi bagi yg terlanjurdan touchscreennya jd mati segera lakukan factory reset lewar recovery mode atau flashing

angga prianto mengatakan...

salam kenal untuk semua,, saya mau bertanya s3 mini aku kalo kita cek pulsa selalu muncul :proses com.android.phone telah dihentikan tiba tiba. coba lagi
terus ad pemberitahuan masalah sambungan atau kodeMMI tidak valid..
mohon bantuannya

waraz mengatakan...

kok di lg l3 e400 gak bisa ya??

Anonim mengatakan...

hp crosx gmana om ?

Feny Tjongarta mengatakan...

Mau tanya, kalo setelah tekan kode2 nya..trus ga muncul..itu kenapa ya ?asli apa palsu ?thx

admin ari mengatakan...

kode2 diatas work di hp samsung, untuk hp selain samsung tentu sebagian tidak bisa

david endra mengatakan...

buat axioo picopad bisa gak gan?

admin ari mengatakan...

ga semua bisa

ifand mengatakan...

gan milih galaxy s 2, galaxy s advance, apa galaxy s3 mini ya ? buat game berat bagusan mana ya gan ? thx gan mohon pencerahannya :)

admin ari mengatakan...

galaxy s2

Dwianto Primadani mengatakan...

gan buat lenovo ada gak codenya

admin ari mengatakan...

ada, ini http://goo.gl/o52XaN

Octavia Shella mengatakan...

ni pakai galaxy ace 2, setelah input kode terus diapain y? tekan tombol dial malah jadi voice call..

Sundul Langit mengatakan...

Samsung galaxy s I9003SL klo dah d upgread ke jellybean apakah ada resikonya ya kang

adi purwanto mengatakan...

Gan, Yang beresiko cuman yg ada tnda merah itu kan??

admin ari mengatakan...

Sundul Langit - galaxy s dapet update resmi sampe gingerbread...
Kalo yg jellybean itu biasanya customrom,,yg mungkin ada bugs2nya,,,untuk resiko ya tergantung benar atau tidak dalam kita memasang jellybeannya...kalo salah bisa mengakibatkan bootloop/stuck
adi - yaa

muhamad alwin mengatakan...

Umtuk note 1 bisa kan

muhamad alwin mengatakan...

Umtuk note 1 bisa kan

Anonim mengatakan...

Untuk sony ericsson xperia mini bisa gak?

Anonim mengatakan...

Min,,ni q pnya smsng s2 kog tba" snyal ilang,menu operayor juga hilang,,solusinya gmn ya,?

Nino Ady mengatakan...

Kalau hape udah costom rom ga bisa ya mas cek lcd *#0*#*#*?

silmi millatina mengatakan...

sangat berguna bentar lagi mau cod, menambah wawasan biar ga ketipu, THANK's

Dody Zoner mengatakan...

gan kalo pas cek pulsa malah yg muncul "masalah sambungan atau kode mmi tidak valid" itu kenapa ya
089610155991

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar :D
Pakai Opera Mini tidak bisa berkomentar? Klik lihat versi web
Admin tidak selalu ON setiap hari, jadi mohon maaf bila ada komentar yang tak terbalas

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host